Perulangan (Looping) pada pemrograman Java netbeans


Dalam pemrograman Java di Netbeans, saat ketika akan membuat program untuk mencetak atau menampilkan sesuatu yang berulang kali, akan sangat merepotkan jika kita membuat secara manual, seperti halnya ingin membuat program untuk menampilkan angka 1 sampi dengan 1000. Jika kita menggunakan sintaks dibawah ini, maka kita hanya akan menghabiskan waktu dan tenaga kita saja.

    System.out.println("1");
    System.out.println("2");
    System.out.println("3");
    System.out.println("4");
    System.out.println("5");
.
.
.
    System.out.println("100");

Lalu bagaimana? Pada kesempatan kali ini penulis akan sedikit berbagi ilmu mengenai perulangan atau looping di pemrograman java netbeans. Yaitu while, do-hile, an for. Mari kita simak :



              WHILE

Pernyataan ini berguna untuk memproses  suatu pernyataan atau beberapa pernyataan beberapa kali. . Banyaknya perulangan tidak diketahui sehingga selama ungkapan bernilai benar maka pernyataan akan selalu dikerjakan.


Dalam struktur while, pengecekan untuk kondisi perulangan di lakukan di awal, sehingga jika kondisi tidak terpenuhi, maka perulangan tidak akan pernah dijalankan.
Keterangan :
o   bagian pernyataan akan diekseskusi selama ungkapan dalam while bernilai benar.
o   Pengujian terhadap ungkapan pada while dilakukan sebelum bagian pernyataan.
o   Kemungkinan  pernyataan  pada while tidak  dijalankan  sama  sekali,  jika  ketemu
o   kondisi yang pertama kali bernilai salah.

Catatan :
Pernyataan perulangan dengan while akan selalu dikerjakan jika ungkapan selalu benar. Oleh karena itu, kita harus membuat kondisi suatu ungkapan bernilai salah agar perulangan berakhir.
                        Contoh Program :



Screenshot Source Code


Screenshot Running Program

DO…WHILE
Perulangan do..while juga dapat digunakan jika jumlah perulangan tidak diketahui namun prinsip kerjanya berbeda dengan perulangan while. Pada perulangan do-while, pengecekan kondisi akan dilakukan di akhir perulangan, sehingga walaupun kondisi adalah FALSE perulangan akan tetap berjalan minimal 1 kali.


Perulangan while dan do-while pada dasarnya hampir sama. Perbedaan terletak pada ’lokasi’ pengecekan kondisi perulangan. Jika while berada diatas, sedangkan do..while memiliki perulangan dibawah setelah program dijalankan sekali.
Dalam perancangan perulangan while dan do-while kita harus memahami alur logika program yang dibuat.  Struktur perulangan while dan do-while memiliki banyak perulangan yang ditentukan sampai program mencapai kondisi FALSE. Kesalahan dalam alur logika akan membuat program tidak pernah berhenti memproses perulangan.
Contoh Program :


Screenshot Source Code


Screenshot Running Program


FOR
Perulangan for digunakan untuk mengerjakan pernyataan atau sekelompok pernyataan secara berulang, namun pernyataan perulangan for akan dijalankan jika sudah dapat dipastikan kapan perulangan berhenti. Dengan kata lain, jumlah perulangan yang dibutuhkan sudah diketahui sebelumnya.

Keterangan :
o   ungkapan1 merupakan pernyataan inisialisasi.
o   ungkapan2 sebagai kondisi  yang menentukan pengulangan terhadap pernyataan atau tidak.
o   ungkapan3 digunakan sebagai pengatur variabel yang digunakan didalam ungkapan1.

Contoh Program :

Screenshot Source Code

Screenshot Running Program

            Penggunaan algoritma pengulangan dalam ilmu komputer memang sangat diperlukan sebab kita tidak bisa membuat algoritma dengan prinsip “yang penting jalan”. Perulangan adalah suatu cara untuk mengulang satu atau sekumpulan perintah sampai mencapai kondisi tertentu. Sekian yang dapat penulis sampaikan, bila ada yang ingin pembaca sampaikan, silakan komentar dibawah yaaa...
Tunggu postingan selanjutnya..