Pengertian Conceptual Data Model (CDM) dan Tutorial Membuat CDM


Kemarin kita telah mengetahui SEKILAS MENGENAI POWER DESIGNER (APLIKASI UNTUK MEMBUAT DESAIN DATABASE), Selanjutnya kita akan mengimplementasikannya dengan membuat desain Database, yaitu CDM dan PDM.
Pertama kita akan membuat CDM (Conceptual Data Model), Apa itu CDM(Conceptual Data Model)? Conceptual Data Model adalah sebuah representasi seluruh muatan informasi yang dikandung oleh basis data. Tidak seperti level eksternal maka pada level conceptual, keberadaannya tidak memperhitungkan kekurangan perangkat keras maupun perangkat lunak pembangun aplikasi basis data. Didefinisikan sebagai sebuah skema konseptual.
Dengan definisi diatas, kita akan membuat Conceptual Data Model dengan komponen yang dibawah ini :
Entitas Supplier
Atribut:    id_supplierà variable character (15)
                 nama_supplierà variable character (25)
                 alamat_supplierà variable character (50)
EntitasPembelian
Atribut:    no_faktur_pembelianà variable character (15)
                 tanggal_pembelianà date
                 total_pembelianà money
Entitas Detail Pembelian
Atribut:    qty_pembelianà number
                 jumlah_pembelienà money
EntitasBarang
Atribut:    kode_barangà variable character (15)
                 nama_barangà variable character (25)
                 hargaà money
Entitas Detail Penjualan
Atribut:    qty_penjualanà number
                jumlahàpenjualan money
EntitasPenjualan
Atribut:    no_faktur_penjualanà variable character (15)
                 tanggal _ penjualanà date
                 total_ penjualanà money
Entitas Customer
Atribut:    id_customerà variable character (15)
                 nama-customerà variable character (15)
                 alamat_customerà variable character (15)

          Proses pembuatan  Conceptual Data Model  dengan  Sybase Power Designer adalah sebagai berikut :
  1. Buka  software  Sybase  Power  Designer,  pada  kotak  dialog  Welcome  to PowerDesigner  pilih Create Model   pada kotak dialog New Model  pilih tab Model types pilih Conceptual Data ModelConceptual Diagram.


  2. Setelah masuk ke dalam lembar kerja, langkah selanjutnya adalah membuat  entity yang dibutuhkan yaitu entity. Misalnya kita buat entity supplier, entity pembelian, entity detail_pembelian, entity barang,  entity  detail_pembelian,  entity  pembelian,  dan  entity  customer.  Pada tahapan ini kita akan membuat  entity supplier  dengan klik icon entity  pada pallete kemudian  klik  pada  lembar  kerja  maka  akan  tampil  kotak  entity  dengan  nama entity_1.


  3. Kemudian untuk mengubah nama  entity  klik kanan pada  entity  yang sudah dibuat dan pilih  properties. Pada tab  General  kita dapat memberi nama  entity  yang akan kita buat


  4. Pada tab  General  kita dapat mengisikan atribut yang  terdapat pada  entity tersebut dan  menetukan  tipe  data  yang  kita  gunakan  dan  juga  menentukan  atribut  yang menjadi primary key pada entity tersebut.


  5. Untuk membuat  entity  yang lain dapat mengikuti langkah  yang sama dengan langkah  membuat  entity  supplier.  Setelah  semua  entity  dibuat  maka  langkah selanjutnya  adalah  membuat  relasi  antar  semua  entity  dengan  klik  icon relationship  dan  menghubungakan  entity  yang  satu  dengan  yang  lain. Kemudian klik kanan pada relasi yang sudah dibuat dan pilih properties. Pada tab  General  kita  dapat  mengubah  nama  relasinya  kemudian  pada  tab cardinalities  kita  dapat  mengubah  hubungan  kardinalitas  antara  dua  entity yang kita beri relasi.


    Memberi Nama Relasi

  6. Setelah  semua  entity  ditentukan  relasinya  dan  ditentukan  kardinalitas  relasinya  maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengecekan tentang kebenaran model yang kita buat dengan cara pilih  Tools  Check Model. Jika model yang kita buat sudah  benar  maka  akan  terlihat  pesan  bahwa  CDM  yang  telah  dibangun  benar pada bagian bawah workspace seperti pada gambar dibawah.

 


Hasil Pembuatan CDM dan Analisa

 

Dalam  membuat  sebuah  CDM  kita  harus  mengetahui  hubungan  kardinalitas antar  entity  yang  akan  dimasukkan  dalam  CDM  tersebut.  Pada  CDM  di  atas hubungan kardinalitasnya dapat diuraikan sebagai berikut:
1.    Supplier dan pembelian mempunyai kardinalitas relasi one to many.
2.    Pembelian  dan  detail_pembelian  mempunyai  hubungan  kardinalitas  one  to many dan juga berhubungan secara dependent.
3.    Detail_pembelian  dan  barang  mempunyai  hubungan  kardinalitas  many  to one.
4.    Barang  dan  detail_penjualan  mempunyai  hubungan  kardinalitas  one  to many.
5.    Detail_penjualan dan penjualan mempunyai hubungan kardinalitas  many to one dan juga berhubungan secara dependent.
6.    Penjualan dan customer mempunyai hubungan kardinalitas many to one.

Selanjutnya Baca juga : Tentang PDM dan Tutorial membuat PDM