Pengertian Physical Data Model (PDM) dan Tutorial Membuat PDM


          Physical  Data  Model  (PDM)  menjelaskan/menjabarkan  bagaimana  data disimpan di komputer dengan menyajikan informasi seperti record formats, record orderings, dan  access path.  PDM dibuat dengan melakukan  generate  pada CDM yang sudah kita buat. Proses pembuatan PDM adalah sebagai berikut:




  1. Pada CDM yang sudah selesai dibuat kita pilih  Tools →  Generate Physical Data Model.

  2. Pada  kotak  dialog  PDM  Generation  Options  di  tab  General  kita  pilih  tipe DBMS yang akan kita buat, kita menggunakan tipe DBMS MySQL 5.0.

  3. Pada tab detail, akan terdapat beberapa pilihan, untuk table prefix, isi dengan TBL_. Pada  reference, ganti pilihan  delete rule  dengan  cascade,  kemudian klik OK.

  

Hasil Pembuatan PDM dan Analisa



          PDM  dibuat  berdasarkan  CDM  yang  sudah  kita  buat  pada  Sybase Power  Designer.  PDM  dibuat  dengan  melakukan  generate  into  physical  data model pada CDM. Penjelasan tentang PDM tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Hubungan kardinalitas pada  entity supplier  dan  entity  pembelian adalah  one to many  sehingga atribut  id_supplier  yang menjadi  primary key  pada  entity supplier akan menjadi foreign key pada entity pembelian.
  2. Hubungan  kardinalitas  pada  entity  pembelian  dan  entity  detail_pembelian adalah  one  to  many  dan  berhubungan  secara  dependent  sehingga  atribut no_faktur_pembelian yang menjadi  primary key  pada  entity  pembelian akan menjadi primary key dan foreign key pada entity detail_pembelian.
  3. Hubungan kardinalitas pada entity detail_pembelian dan entity barang adalah one to  many  sehingga atribut kode_barang  yang menjadi  primary key  pada entity barang akan menjadi foreign key pada entity detail_pembelian.
  4. Hubungan kardinalitas pada entity barang dan entity detail_penjualan adalah many to one  sehingga atribut kode_barang  yang  menjadi  primary key  pada entity barang akan menjadi foreign key pada entity detail_penjualan.
  5. Hubungan  kardinalitas  pada  entity  detail_penjualan  dan  entity  penjualan adalah  many  to  one  dan  berhubungan  secara  dependent  sehingga  atribut no_faktur_penjualan  yang  menjadi  primary  key  pada  entity  penjualan  akan menjadi primary key dan foreign key pada entity detail_penjualan.
  6. Hubungan  kardinalitas  pada  entity  penjualan  dan  entity  customer  adalah many  to  one  sehingga  atribut  id_customer  yang  menjadi  primary  key  pada entity cutomer akan menjadi foreign key pada entity pembelian.

Sekian yang dapat penulis sampaikan, mohon koreksinya jika ada yang salah, next time mungkin penulis akan membagikan mengenai DDL dan DML di  SQL. Semoga bermanfaat :)