Contoh program Operator Aritmatika dalam pemrograman Java Netbeans
Yaaamm,, kali ini lanjutan dari Operator dalam pemrograman Java Netbeans, yaitu contoh program Operator dalam pemrograman Java Netbeans, sebelumnya kita harus membuat project dan
kelas baru, bisa dipelajari disini Pengenalan & Tutorial membuat Program sederhana di Netbeans, lalu kalian bisa menyimak sintaks-sintaks dibawah ini beserta penjelasannya.
Contoh 1 Program Aritmatika tanpa inputan keyboard dan tanpa variable
Public
class Aritmatika {
public static void main(String[] args) {
System.out.println("1 + 2
=" + (1+2));
System.out.println("3 * 2
=" + (3*2));
System.out.println("7 / 3
=" + (7/3));
System.out.println("3 - 2
=" + (3-2));
System.out.println("13 % 5
=" + (13%5));
System.out.println("");
System.out.println("1 + 2 * 3
=" + (1+2*3));
System.out.println("1 + 2 / 3
=" + (1+2/3));
System.out.println("9 - 2 % 2
=" + (9-2%2));
}}
|
Screenshot
Running Program
Penjelasan Flowchart:
Fungsi
|
Penjelasan
|
Public class Aritmatika {
public static void
main(String[] args) {
|
Awal
Program
|
System.out.println("1 + 2 =" + (1+2));
|
Output
Prgram
|
(1+2)
|
Proses
program tanpa diinisialisasikan menggunakan variable
|
}}
|
Akhir
program
|
Penjelasan Algoritma:
Program diatas adalah
salah satu contoh program aplikasi sederhana dari program aritmatika. Program
diatas tidak memiliki variable karena nilainya langsung dicetak dalam
System.out.println (fungsi cetak) sedangkan proses aritmatikanya juga langsung
tercantum dalam proses pencetakan. Proses terjadi dibuat tanda petik dua (“ ”) karena
proses bukan termasuk karakter.
Contoh 2 Program Aritmatika menggunakan variable
tanpa inputan keyboard
public
class Jumlahmod3 {
public static void main(String[] args) {
int A=2;
int
B=4;
int
jumlah;
jumlah=A+B;
System.out.println("Bilangan
1:"+A);
System.out.println("Bilangan
2:"+B);
System.out.println("Jumlah="+jumlah);
}
}
|
Screenshot
Running Program
Penjelasan Flowchart:
Fungsi
|
Penjelasan
|
public
class Jumlahmod3 {
public static void
main(String[] args) {
|
Awal
Program
|
int
A=2;
int
B=4;
int
jumlah;
|
Inputan
program berupa penginisialisasian konstanta dan variable.
|
jumlah=A+B;
|
Proses
program
|
System.out.println("Bilangan 1:"+A);
|
Output
program
|
}}
|
Akhir
program
|
Penjelasan Algoritma:
Awal program, kita harus memberikan nama file dan memberikan fungsi public static void main
Selanjutnya, menginisialisasikan konstanta dan variable yang dibutuhkan
Membuat proses atau fungsi aritmatika
Mencetak program, jika yang dikeluarkan adalah karakter maka cara penulisannya adalah karakter yang akan dikeluarkan harus berada didala tanda petik dua, jika bukan karakter maka harus berada diluar tanda petik dua.
Awal program, kita harus memberikan nama file dan memberikan fungsi public static void main
Selanjutnya, menginisialisasikan konstanta dan variable yang dibutuhkan
Membuat proses atau fungsi aritmatika
Mencetak program, jika yang dikeluarkan adalah karakter maka cara penulisannya adalah karakter yang akan dikeluarkan harus berada didala tanda petik dua, jika bukan karakter maka harus berada diluar tanda petik dua.
Contoh 3
Program Aritmatika dengan inputan keyboard
import
java.util.Scanner;
public
class Jumlahmod3 {
public static void main(String[] args) {
Scanner masuk=new Scanner
(System.in);
int A,B,jumlah;
System.out.println("Bilangan
1:");
A=masuk.nextInt();
System.out.println("Bilangan
2:");
B=masuk.nextInt();
jumlah=A+B;
System.out.println("Jumlah="+jumlah);
}
}
|
Screenshot
Running Program
Penjelasan Flowchart:
Fungsi
|
Penjelasan
|
import
java.util.Scanner;
|
Fungsi
untuk mengaktifkan fungsi Scanner
|
public
class Jumlahmod3 {
public static void
main(String[] args) {
|
Awal
Program
|
Scanner
masuk=new Scanner (System.in);
|
Menginisialisasikan
fungsi Scanner dengan nama variable “masuk”
|
int
A,B,jumlah;
|
Penginisialisasian
variable.
|
System.out.println("Bilangan
1:");
|
Output
program untuk memberikan isyarat agar pengguna memasukkan nilai
|
A=masuk.nextInt();
|
Menggunakan
fungsi Scanner untuk memasukkan nilai dan menyimpannya dalam variable yang
telah ditentukan
|
jumlah=A+B;
|
Proses
program
|
System.out.println("Jumlah="+jumlah);
|
Output
program
|
}}
|
Akhir
program
|
Penjelasan Algoritma:
- Awal program, memberikan fungsi untuk mengaktifkan fungsi Scanner
- Selanjutnya, kita harus memberikan nama file dan memberikan fungsi public static void main
- Selanjutnya, menginisialisasikan fungsi Scanner dengan nama variable “masuk” agar kita dapat menginputkan nilai dari keyboard
- Selanjutnya, menginisialisasikan variable yang dibutuhkan
- Kemudian, kita mengeluarkan karakter yang digunakan sebagai perintah untuk memasukkan nilai secara manual melalui keyboard
- Kemudian kita harus menginisialisasi fungsi Scanner untuk memasukkan nilai dan menyimpannya dalam variable yang telah ditentukan sehingga kita bisa menginputkan nilai dan bisa menyimpannya.
- Membuat proses atau fungsi aritmatika
- Mencetak program, jika yang dikeluarkan adalah karakter maka cara penulisannya adalah karakter yang akan dikeluarkan harus berada didala tanda petik dua, jika bukan karakter maka harus berada diluar tanda petik dua.
Contoh 4
Program Aritmatika dengan inputan keyboard
import
java.util.Scanner;
public
class tugasmod3 {
public static void main(String[] args) {
Scanner in=new Scanner(System.in);
int A,B, jumlah, kurang, kali, bagi,
sisa;
System.out.println("Bilangan 1:
");
A=in.nextInt();
System.out.println("Bilangan 2:
");
B=in.nextInt();
jumlah=A+B;
kurang=A-B;
kali=A*B;
bagi=A/B;
sisa=A%B;
System.out.println(" ");
System.out.println("Hasil
Operator Aritmatika");
System.out.println("===========================");
System.out.println("Jumlah="+jumlah);
System.out.println("Kurang="+kurang);
System.out.println("Kali="+kali);
System.out.println("Bagi="+bagi);
System.out.println("Sisa="+sisa);
}}
|
Screenshot
Running Program
Penjelasan Flowchart:
Fungsi
|
Penjelasan
|
import
java.util.Scanner;
|
Fungsi
untuk mengaktifkan fungsi Scanner
|
public
class tugasmod3 {
public static void
main(String[] args) {
|
Awal
Program
|
Scanner
in =new Scanner (System.in);
|
Menginisialisasikan
fungsi Scanner dengan nama variable “in”
|
int
A,B, jumlah, kurang, kali, bagi, sisa;
|
Penginisialisasian
variable.
|
System.out.println("Bilangan
1:");
|
Output
program untuk memberikan isyarat agar pengguna memasukkan nilai
|
A=in.nextInt();
|
Menggunakan
fungsi Scanner untuk memasukkan nilai dan menyimpannya dalam variable yang
telah ditentukan
|
jumlah=A+B;
kurang=A-B;
kali=A*B;
bagi=A/B;
sisa=A%B;
|
Proses
program
|
System.out.println("Hasil Operator Aritmatika");
|
Output
program
|
}}
|
Akhir
program
|
Penjelasan Algoritma:
- Awal program, memberikan fungsi untuk mengaktifkan fungsi Scanner
- Selanjutnya, kita harus memberikan nama file dan memberikan fungsi public static void main
- Selanjutnya, menginisialisasikan fungsi Scanner dengan nama variable “in” agar kita dapat menginputkan nilai dari keyboard
- Selanjutnya, menginisialisasikan variable yang dibutuhkan
- Kemudian, kita mengeluarkan karakter yang digunakan sebagai perintah untuk memasukkan nilai secara manual melalui keyboard
- Kemudian kita harus menginisialisasi fungsi Scanner untuk memasukkan nilai dan menyimpannya dalam variable yang telah ditentukan sehingga kita bisa menginputkan nilai dan bisa menyimpannya.
- Membuat proses atau fungsi aritmatika
- Mencetak program, jika yang dikeluarkan adalah karakter maka cara penulisannya adalah karakter yang akan dikeluarkan harus berada didala tanda petik dua, jika bukan karakter maka harus berada diluar tanda petik dua.
Sebenarnya, dalam pembuatan
program hal yang penting yang perlu kita ketahui adalah jalan atau alur program
yang akan kita buat. Mau diapakan program kita? Mau dijadikan seperti apa? Dan
menggunakan fungsi apa saja? Selain itu dalam pembuatan program (meng-coding)
kita dituntut untuk paham dan teliti agar ketika ada sedikit kesalahan
penulisan program yang menyebabkan error pada program kita ketika di running,
kita Paham dan bisa mengatasi serta memperbaiki kesalahan yang ada.
Itu tadi adalah beberapa
penjelasan singkat dari program-program yang bisa penulis bagikan pada program
aritmatika. Untuk selanjutnya, kalian bisa mencoba mempraktikan program-program
diatas dan bisa memahaminya dengan bahasa kalian sendiri. Kalian juga bisa
mencoba mengotak-atik program diatas sesuai dengan program yang kalian
inginkan. Atau kalian bisa memodifikasi program diatas dengan program lain.
Hanya itu yang bisa penulis bagi
untuk kali ini. Jika ada kesulitan dalam pembuatan program, atau kesulitan
untuk memahami sebuah program, kalian bisa tanyakan pada kolom komentar lalu
bisa kita diskusikan bersama-sama. Tunggu postingan selanjutnya ya..