Contoh program Operator Aritmatika dalam pemrograman Java Netbeans


Yaaamm,, kali ini lanjutan dari Operator dalam pemrograman Java Netbeans, yaitu contoh program Operator dalam pemrograman Java Netbeans, sebelumnya kita harus membuat project dan kelas baru, bisa dipelajari disini Pengenalan & Tutorial membuat Program sederhana di Netbeans, lalu kalian bisa menyimak sintaks-sintaks dibawah ini beserta penjelasannya.


Contoh 1 Program Aritmatika tanpa inputan keyboard dan tanpa variable
Public class Aritmatika {
    public static void main(String[] args) {
        System.out.println("1 + 2 =" + (1+2));
        System.out.println("3 * 2 =" + (3*2));
        System.out.println("7 / 3 =" + (7/3));
        System.out.println("3 - 2 =" + (3-2));
        System.out.println("13 % 5 =" + (13%5));
        System.out.println("");
        System.out.println("1 + 2 * 3 =" + (1+2*3));
        System.out.println("1 + 2 / 3 =" + (1+2/3));
        System.out.println("9 - 2 % 2 =" + (9-2%2));

    }}
Source Code



Screenshot Running Program

Penjelasan Flowchart:
Fungsi
Penjelasan
Public class Aritmatika {
    public static void main(String[] args) {
Awal Program
System.out.println("1 + 2 =" + (1+2));
Output Prgram
(1+2)
Proses program tanpa diinisialisasikan menggunakan variable
}}
Akhir program

Penjelasan Algoritma:
Program diatas adalah salah satu contoh program aplikasi sederhana dari program aritmatika. Program diatas tidak memiliki variable karena nilainya langsung dicetak dalam System.out.println (fungsi cetak) sedangkan proses aritmatikanya juga langsung tercantum dalam proses pencetakan. Proses terjadi dibuat tanda petik dua (“ ”) karena proses bukan termasuk karakter.


Contoh 2 Program Aritmatika menggunakan variable tanpa inputan keyboard
public class Jumlahmod3 {
    public static void main(String[] args) {
        int A=2;
int B=4;
int jumlah;
jumlah=A+B;
        System.out.println("Bilangan 1:"+A);
        System.out.println("Bilangan 2:"+B);
        System.out.println("Jumlah="+jumlah);
    }
}
Source Code



Screenshot Running Program

Penjelasan Flowchart:
Fungsi
Penjelasan
public class Jumlahmod3 {
    public static void main(String[] args) {
Awal Program
int A=2;
int B=4;
int jumlah;
Inputan program berupa penginisialisasian konstanta dan variable.
jumlah=A+B;
Proses program
System.out.println("Bilangan 1:"+A);
Output program
}}
Akhir program

Penjelasan Algoritma:
Awal program, kita harus memberikan nama file dan memberikan fungsi public static void main
Selanjutnya, menginisialisasikan konstanta dan variable yang dibutuhkan
Membuat proses atau fungsi aritmatika
Mencetak program, jika yang dikeluarkan adalah karakter maka cara penulisannya adalah karakter yang akan dikeluarkan harus berada didala tanda petik dua, jika bukan karakter maka harus berada diluar tanda petik dua.


Contoh 3 Program Aritmatika dengan inputan keyboard
import java.util.Scanner;
public class Jumlahmod3 {
    public static void main(String[] args) {
        Scanner masuk=new Scanner (System.in);
        int A,B,jumlah;
        System.out.println("Bilangan 1:");
        A=masuk.nextInt();
        System.out.println("Bilangan 2:");
        B=masuk.nextInt();
        jumlah=A+B;
        System.out.println("Jumlah="+jumlah);
    }
}
Source Code



Screenshot Running Program

Penjelasan Flowchart:
Fungsi
Penjelasan
import java.util.Scanner;
Fungsi untuk mengaktifkan fungsi Scanner
public class Jumlahmod3 {
    public static void main(String[] args) {
Awal Program
Scanner masuk=new Scanner (System.in);
Menginisialisasikan fungsi Scanner dengan nama variable “masuk”
int A,B,jumlah;
Penginisialisasian variable.
System.out.println("Bilangan 1:");
Output program untuk memberikan isyarat agar pengguna memasukkan nilai
A=masuk.nextInt();
Menggunakan fungsi Scanner untuk memasukkan nilai dan menyimpannya dalam variable yang telah ditentukan
jumlah=A+B;
Proses program
System.out.println("Jumlah="+jumlah);
Output program
}}
Akhir program

Penjelasan Algoritma:

  • Awal program, memberikan fungsi untuk mengaktifkan fungsi Scanner
  • Selanjutnya, kita harus memberikan nama file dan memberikan fungsi public static void main
  • Selanjutnya, menginisialisasikan fungsi Scanner dengan nama variable “masuk” agar kita dapat menginputkan nilai dari keyboard
  • Selanjutnya, menginisialisasikan variable yang dibutuhkan
  • Kemudian, kita mengeluarkan karakter yang digunakan sebagai perintah untuk memasukkan nilai secara manual melalui keyboard
  • Kemudian kita harus menginisialisasi fungsi Scanner untuk memasukkan nilai dan menyimpannya dalam variable yang telah ditentukan sehingga kita bisa menginputkan nilai dan bisa menyimpannya.
  • Membuat proses atau fungsi aritmatika
  • Mencetak program, jika yang dikeluarkan adalah karakter maka cara penulisannya adalah karakter yang akan dikeluarkan harus berada didala tanda petik dua, jika bukan karakter maka harus berada diluar tanda petik dua.

Contoh 4 Program Aritmatika dengan inputan keyboard
import java.util.Scanner;
public class tugasmod3 {
    public static void main(String[] args) {
        Scanner in=new Scanner(System.in);
        int A,B, jumlah, kurang, kali, bagi, sisa;
        System.out.println("Bilangan 1: ");
        A=in.nextInt();
        System.out.println("Bilangan 2: ");
        B=in.nextInt();
        jumlah=A+B;
        kurang=A-B;
        kali=A*B;
        bagi=A/B;
        sisa=A%B;
        System.out.println(" ");
        System.out.println("Hasil Operator Aritmatika");
               System.out.println("===========================");
               System.out.println("Jumlah="+jumlah);
               System.out.println("Kurang="+kurang);
               System.out.println("Kali="+kali);
               System.out.println("Bagi="+bagi);
               System.out.println("Sisa="+sisa);
}}
Source Code



Screenshot Running Program

Penjelasan Flowchart:
Fungsi
Penjelasan
import java.util.Scanner;
Fungsi untuk mengaktifkan fungsi Scanner
public class tugasmod3 {
    public static void main(String[] args) {
Awal Program
Scanner in =new Scanner (System.in);
Menginisialisasikan fungsi Scanner dengan nama variable “in”
int A,B, jumlah, kurang, kali, bagi, sisa;
Penginisialisasian variable.
System.out.println("Bilangan 1:");
Output program untuk memberikan isyarat agar pengguna memasukkan nilai
A=in.nextInt();
Menggunakan fungsi Scanner untuk memasukkan nilai dan menyimpannya dalam variable yang telah ditentukan
jumlah=A+B;
kurang=A-B;
kali=A*B;
bagi=A/B;
sisa=A%B;
Proses program
System.out.println("Hasil Operator Aritmatika");
Output program
}}
Akhir program

Penjelasan Algoritma:

  • Awal program, memberikan fungsi untuk mengaktifkan fungsi Scanner
  • Selanjutnya, kita harus memberikan nama file dan memberikan fungsi public static void main
  • Selanjutnya, menginisialisasikan fungsi Scanner dengan nama variable “in” agar kita dapat menginputkan nilai dari keyboard
  • Selanjutnya, menginisialisasikan variable yang dibutuhkan
  • Kemudian, kita mengeluarkan karakter yang digunakan sebagai perintah untuk memasukkan nilai secara manual melalui keyboard
  • Kemudian kita harus menginisialisasi fungsi Scanner untuk memasukkan nilai dan menyimpannya dalam variable yang telah ditentukan sehingga kita bisa menginputkan nilai dan bisa menyimpannya.
  • Membuat proses atau fungsi aritmatika
  • Mencetak program, jika yang dikeluarkan adalah karakter maka cara penulisannya adalah karakter yang akan dikeluarkan harus berada didala tanda petik dua, jika bukan karakter maka harus berada diluar tanda petik dua.

Sebenarnya, dalam pembuatan program hal yang penting yang perlu kita ketahui adalah jalan atau alur program yang akan kita buat. Mau diapakan program kita? Mau dijadikan seperti apa? Dan menggunakan fungsi apa saja? Selain itu dalam pembuatan program (meng-coding) kita dituntut untuk paham dan teliti agar ketika ada sedikit kesalahan penulisan program yang menyebabkan error pada program kita ketika di running, kita Paham dan bisa mengatasi serta memperbaiki kesalahan yang ada.
Itu tadi adalah beberapa penjelasan singkat dari program-program yang bisa penulis bagikan pada program aritmatika. Untuk selanjutnya, kalian bisa mencoba mempraktikan program-program diatas dan bisa memahaminya dengan bahasa kalian sendiri. Kalian juga bisa mencoba mengotak-atik program diatas sesuai dengan program yang kalian inginkan. Atau kalian bisa memodifikasi program diatas dengan program lain.
Hanya itu yang bisa penulis bagi untuk kali ini. Jika ada kesulitan dalam pembuatan program, atau kesulitan untuk memahami sebuah program, kalian bisa tanyakan pada kolom komentar lalu bisa kita diskusikan bersama-sama. Tunggu postingan selanjutnya ya..