Sekilas tentang salah satu Aplikasi coding Anak Informatika "NETBEANS"



Saat Saya kuliah di semester 2 jurusan Pendidikan Informatika, saat itulah pertama kali diajarkan mengenai coding, rasanya Saya ingin segera mempelajari coding,bekerja di depan komputer dan menjadi seorang Programmer. Memang terdengar keren saat seseorang dipanggil sebagai seorang Programmer, ahli coding.
            Saya tak pernah menyangkal bahwa Saya dulu pernah berkhayal betapa serunya, betapa kerennya menjadi seorang Progammer. Dan aplikasi yang pertama kali dikenalkan adalah Netbeans. Apa itu Netbeans? Mari kita baca sekilas mengenai Netbeans. 



8.1 / November 4, 2015; 7 months ago[1]
Written in
WindowsMac OS XLinuxSolaris; feature-limited OS independent version available
Available in
24 languages; see § Localization
CDDL or GPL2; "certain source files" allow classpath exception[2]
Website
Netbeans merupakan sebuah aplikasi  platform pengembangan perangkat lunak berbasis java. NetBeans IDE (integrated development environment) ditujukan untuk pengembangan di Java , tetapi juga mendukung bahasa lain , PHP khususnya , C / C ++ dan HTML5. NetBeans adalah cross-platform dan berjalan pada Microsoft Windows, Mac OS X , Linux , Solaris dan platform lainnya mendukung JVM kompatibel .
NetBeans dimulai pada tahun 1996 sebagai Xelfi ( kata bermain di Delphi ) , sebuah proyek mahasiswa Java IDE di bawah bimbingan Fakultas Matematika dan Fisika di Charles University di Praha . Pada tahun 1997 , Roman Stanek membentuk perusahaan sekitar proyek dan menghasilkan versi komersial NetBeans IDE sampai dibeli oleh Sun Microsystems pada tahun 1999. Sun terbuka - bersumber NetBeans IDE pada bulan Juni tahun berikutnya . Sejak itu , komunitas NetBeans terus tumbuh Pada tahun 2010 , Sun ( dan dengan demikian NetBeans ) diakuisisi oleh Oracle.


Itulah sedikit perkenalan mengenai Aplikasi Netbeans, Next Post mungkih Saya akan membagikan contoh coding atau project yang telah saya buat di Netbeans.
Tunggu post berikutnya ya... *bye *bye



Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/NetBeans