MODEL DATA DALAM BASIS DATA

Setelah kemarin kita tau mengenai PENGERTIAN BASIS DATA, maka selanjutnya kita akan membahas mengenai Model data, Seperti apa Model Data itu? Bagaimana contohnya? Mari kita simak.

MODEL DATA
Secara umum Model data yaitu suatu cara untuk menjelaskan bagaimana pemakai dapat melihat data secara logik, maksudnya pemakai atau user bisa mengetahui dan membaca data secara pasti, dengan model data pemakai atau user bisa mengerti apa sebenarnya isi data tersebut.

Model Data Berbasis Obyek
Merupakan himpunan data dan relasi yang menjelaskan hubungan logik antara data dalam basis data berdasarkan objek datanya.
Model data berbasis objek dibagi menjadi 2, yaitu:
  • Entity Relationship Diagram
    ERD adalah Pemodelan data / sistem dalam database. ER Diagram menggambarkan tipe objek mengenai data itu di manajemen, serta relasi antara objek tersebut. ER Model dibuat berdasarkan persepsi atau pengamatan dunia nyata yang terdiri atas entitas dan relasi antara entitas-entitas tersebut. Contoh:


Ket : Baca disini : Istilah dalam ERD
  • Schemantic Diagram
Relasi antar objek dinyatakan dengan kata-kata (semantic). Contoh :





Model Data Berbasis Record”
Model ini mendasarkan pada record  untuk menjelaskan kepada user tentang hubungan logik antar data dalam basis data
Model data berbasis record dibagi menjadi 3, yaitu:
  1. Relational Model
Menjelaskan tentang hubungan logik antar data dalam basis data dengan memvisualisasikan dalam bentu tabel-tabel yang terdiri dari sejumlah baris dan kolom yang menunjukkan atribut tertentu.Contoh :

Keterangan :
- Jumlah Kolom disebut degree, ada 2
- Baris disebut atribut, ada 3
- Tiap baris disebut record / tuple, ada 3 record
- Banyaknya baris dalam satu tabel disebut cardinality


  1. Hirarchycal Model (Tree structure)
Menjelaskan tentang hubungan logik antar data dalam basis data dalam bentuk hubungan bertingkat (hirarki) Elemen penyusunnya disebut node, yang berupa rinci data, agregat data, atau record. Contoh :



  1. Network Model (Plex Structure)
    Hampir sama dengan model  hirarki, dan digambarkan sedemikian rupa sehingga child pasti berada pada level yang lebih rendah daripada parent. Sebuah child dapat mempunyai lebih dari satu parent





Model data berbasis fisik
Merupakan model data yang digunakan untuk menjelaskan kepada pemakai bagaimana data-data tersebut disimpan dan dimasukan dalam media penyimpanan secara fisik, yang lebih berorientasi pada mesin
Ada 2 model,  yaitu:
  1. Unifying Model
  2. Frame Memory